- Peripheral utama (main peripheral)
Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh periferal utama yaitu: monitor, keyboard dan mouse.
- Peripheral pendukung (auxillary peripheral)
Yaitu peralatan yang tidak mesti ada
dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu.
Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain.
Sedangkan berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer terbagi menjadi:
- Perangkat masukan (input)
Adalah perangkat yang digunakan untuk
memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut
antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital,
microphone, dan periferal lainnya
- Perangkat keluaran (output)
Adalah peralatan yang kita gunakan untuk
menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh
komputer. Perangkat tersebut antara lain monitor, printer, plotter,
speaker, dan lain lainnya.
Berikut ini contoh jenis-jenis peripheral dengan berbagai tugasnya:
KEYBOARD
Berbentuk mirip mesin ketik yang berisi
huruf, angka, simbol-simbol khusus serta tombol-tombol fungsi. Gunanya
untuk memberi perintah kepada komputer dengan cara menuliskannya atau
menekan kombinasi beberapa tombol. Saat ini sejumlah perusahaan seperti
Microsoft dan Logitech sudah membuat keyboard tanpa kabel (wireless)
yang menggunakan pancaran infrared ataupun radio frequency.
MOUSE
Alat yang mirip tikus dan terdiri dari
dua atau tiga tombol, berfungsi untuk mengendalikan kursor/pointer
dilayar monitor dengan cara menggerakkannya maju, mundur atau kesamping.
Untuk versi lama, didalamnya terdapat bola karet yang akan menggerakkan
roda-roda kecil, yang akan mengatur gerakan kursor/pointer. Sekarang
mouse tidak menggunakan bola karet lagi, tetapi menggunakan sinar
ataupun laser, biasanya disebut optical mouse atau laser mouse. Mouse
biasanya dilengkapi scrolling button untuk memudahkan bergerak
turun/naik dilayar monitor. Mouse juga bisa digunakan untuk memainkan
game. Kini mouse wireless juga sudah banyak diproduksi.
LIGHTPEN
Mirip bolpoin biasa, hanya ujungnya
memiliki sensor elektromagnetik. Bisa digunakan untuk menulis, tetapi
juga mampu membaca kode-kode khusus yang kemudian diterjemahkan oleh
komputer.
TRACKBALL
Fungsinya sama persis dengan mouse, hanya
tampilannya berbeda. Pada trackball, bola yang menggerakkan
kursor/pointer berada diluar dan harus digerakkan oleh jari kita kearah
yang kita inginkan. Jika badan mouse harus kita gerakkan seluruhnya
diatas meja, badan trackball tetap diam ditempat. Seperti halnya
keyboard dan mouse, trackball wireless juga telah ada di pasaran.
Bermain game dengan trackball agak lebih sulit dibandingkan mouse.
MONITOR
Bentuknya mirip televisi dan berfungsi
menampilkan proses dan hasil pekerjaan komputer. Monitor komputer jaman
dulu hanya hitam putih atau monochrome (terkadang dengan tulisan hijau
atau orange dan latar belakang hitam). Sekarang monitor semuanya sudah
berwarna dan beresolusi tinggi, sehingga kualitas gambar yang
dihasilkannya juga jauh lebih bagus.
Monitor juga sudah banyak berubah dari
bentuk awalnya, yang berupa CRT Monitor (berbentuk tabung), sekarang
sudah menjadi LCD Monitor, bahkan produksi terbaru sekarang sudah
menggunakan teknologi LED, yang dinamakan LED LCD Monitor. Daya yang
digunakan juga sudah semakin rendah dan ukuran layarnya juga bervariasi
dari kecil sampai besar.
Jenis lainnya yaitu touch screen monitor,
yaitu monitor yang dilengkapi dengan teknologi untuk bisa menangkap
sentuhan dilayar, jadi pemakai semakin dimanjakan untuk bisa
mengoperasikan. Biasanya digunakan untuk tujuan khusus, misalnya di
restourant ataupun sebagai media promisi untuk menampilkan informasi,
sehingga untuk berinteraksi, pemakai cukup menyentuh layar monitor saja,
tanpa perlu menggunakan keyboard atau mouse.
PRINTER
Digunakan untuk mencetak hasil proses
komputer keatas kertas sehingga bisa dibaca. Ada tiga jenis printer yang
dikenal luas yaitu dot-matrix printer, inkjet printer, dan laser printer.
PLOTTER
Sama fungsinya dengan printer tetapi
khusus untuk mencetak gambar. Kertas yang dipergunakan juga lebih besar
dari kertas biasa. Plotter generasi pertama harus dipasangi rapido (pena
khusus untuk menggambar), namun sekarang plotter juga terdiri dari
inkjet dan laser.
SCANNER
Digunakan untuk mengambil citra cetakan
(gambar, foto, tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer.
Ada dua jenis scanner, handy scanner (dipegang dan digerakkan dengan tangan), dan flatbed scanner (serupa mesin fotokopi).
MICROPHONE DAN SPEAKER
Untuk memasukkan dan merekam suara serta
mendengarkan hasil rekaman yang sudah disimpan didalam komputer, atau
mendengarkan musik dan suara dari CD, MP3 atau game.
JOYSTICK
Alat berbentuk tongkat kecil (biasanya
dilengkapi beberapa tombol dengan fungsi yang bisa diatur) untuk
memudahkan bermain game, misalnya mengendalikan pesawat atau mobil.
Dapat juga berfungsi sebagai mouse.
JOYPAD/GAMEPAD
Fungsinya sama dengan joystick hanya
bentuknya berbeda, mirip papan kecil yang memiliki pegangan dan
diatasnya banyak terdapat tombol-tombol. Juga bisa berfungsi sebagai
mouse.
KAMERA DIGITAL
Kerjanya mirip kamera foto biasa, hanya
saja hasilnya langsung disimpan dalam format data komputer. Hasil yang
diperoleh jauh lebih bagus dibandingkan hasil cetakan film negatif.
EXTERNAL MODEM
Modem external dipasang diluar casing dan
dihubungkan melalui kabel, sedangkan modem internal berbentuk card yang
ditancapkan pada mainboard. Modem berfungsi mengubah sinyal digital ke
analog dan sebaliknya, guna mengirim data komputer melalui saluran
telepon. Jika ingin menggunakan internet, modem harus tersedia.
LCD PROYEKTOR
Berfungsi untuk menampilkan gambar secara
besar dilayar, dengan cara menembakan cahaya / memproyeksikan gambar.
Dari segi teknologi, proyektor ada dua tipe yaitu proyektor yang
menggunakan teknologi DLP dan satu lagi menggunakan teknologi 3 LCD.
BARCODE SCANNER
Barcode scanner adalah
alat yang digunakan untuk membaca kode-kode berbentuk garis-garis
vertikal (disebut dengan BARCODE) yang terdapat pada kebanyakan
produk-produk consumer good. Penggunaan barcode scanner ini mempunyai
dua keuntungan tambahan. Yang pertama akan memperkecil kesalahan input
yang disebabkan kesalahan operator komputer atau kasir. Yang kedua,
penggunaan barcode scanner mempercepat proses entry data, sehingga
mengurangi jumlah antrian yang panjang
Tanpa barcode, dahulu kasir memasukkan
penjualan di komputer dengan bantuan nama barang atau kode barang. Nama
barang memang dirasa lebih memperkecil kemungkinan kesalahan. Namun
kerugiannya, waktu entry akan sangat lama karena kasir akan menngetikkan
lebih banyak karakter.
sumber: https://tkjofficial.wordpress.com/2013/12/05/pengertian-periferalpembagiandan-jenis-jenisnya/
0 komentar:
Posting Komentar